Fakta Unik Tentang Bunga Raflesia

Tentang Bunga Raflesia

Bunga Raflesia merupakan salah satu bunga yang terbilang punah karena memang sudah jarang ditemui. Selain itu, bunga raflesia juga memiliki bau busuk yang khas yang mana banyak lalat serta serangga gemar menempel di bunga ini.

Bunga raflesia sering kali disebut bunga bangkai di Indonesia. Meskipun demikian, bunga ini merupakan salah satu tumbuhan yang eksotis dan memiliki keunikan tersedniri yang tidak dimiliki tumbuhan lain.

Perlu kamu ketahui bahwa bunga raflesia hanya terdapat bunga, tidak memiliki akar, daun dan juga batang. Bunga ini tumbuh pada tumbuhan inangnya yakni dengan cara menumpang pada tumbuhan tersebut.

Bunga yang memiliki bau yang sama dengan daging busuk ini ditemukan pada tahun 1818 oleh seseorang yang bernama Stamford Raffles dan temanya yang ebrnama Dr. James Arnold.

Bunga ini memiliki bau busuk yang menyengat, oleh sebab itu banyak serangga dan lalat yang hinggap di bunga ini. Banyak hewan seperti lalat ataupun serangga yang menyangka nya bau dari daging busuk padahal bau itu dari bunga raflesia.

Bunga raflesia ini memiliki ukuran yang besar memliki lobus kelopak dengan ketebalan 1 inchi yang mana telah memecahkan rekor sebagai tumbuhan yang memiliki diameter besar yaitu sekitar 106,7 cm dan berat 11kg.  Sangat disayangkan karena bunga raflesia ini telah terancam punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *